Noviya, S.Pd. – Guru di UPT SMPN 42 Bandar Lampung
Kompetisi Menulis Artikel Hari Guru
Nasional
Masa belajar dari rumah yang
berkepanjangan selama pandemi Covid-19 dapat menyebabkan hilangnya kemampuan
belajar di kalangan anak sekolah. Itulah yang disebut dengan istilah Learning
loss yaitu kondisi dimana hilangnya pengetahuan dan keterampilan
tertentu yang berdampak pada kemunduran proses akademik.
Pandemi yang sudah berjalan hampir 2
tahun ini sangat mengganggu keberhasilan pembelajaran anak terutama dari segi
motivasi belajar siswa. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai belum sepenuhnya
efektif, sehingga membuat anak-anak akan kehilangan motivasi belajar.
Kendala utama yang menyebabkan
rendahnya motivasi belajar siswa adalah rasa bosan terhadap tugas dan
monotonnya gaya pembelajaran yang diberikan oleh guru serta kurangnya perhatian
dari orang tua ketika siswa melakukan pembelajaran jarak jauh. Kendala tersebut
dapat menghalangi target pencapaian akademik yang diharapkan.
Agar pada pelaksanaan Pembelajaran
Tatap Muka Terbatas (PTMT) dapat berjalan dengan baik dan mengatasi Learning Loss sehingga motivasi belajar
siswa meningkat, diperlukan tindakan untuk mengatasi lemahnya motivasi belajar
siswa antara lain :
1. Membangun suasana yang Asyik di
Sekolah
Salah satu faktor penyebab siswa
tidak memiliki motivasi untuk belajar adalah karena suasana pembelajaran yang
dirasakan tidak sesuai dengan keinginan siswa sehingga siswa merasa bosan.
Salah satu pemanfaatan teknologi di
Era Revolusi Industri 4.0 yang sesuai adalah pemanfaatan konten pembelajaran
Virtual Reality (VR) agar siswa merasakan pembelajaran secara virtual dengan
materi yang sesuai dengan pokok bahasan pembelajaran. Suasana yang berbeda dan
dengan tempat serta situasi yang berbeda dari pembelajaran seperti biasanya
akan menambah daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran yang kita harapkan
dimana siswa berperan aktif dalam pembelajaran tidak hanya duduk dan
mendengarkan penjelasan materi yang diberikan oleh guru.
Pembuatan virtual reality dapat
menggunakan aplikasi Millealab yaitu salah satu platform yang berkonsentrasi di
bidang pendidikan. Millealab menyediakan aset-aset yang diperlukan dalam
pembuatan konten pembelajaran pendidikan.
Konten pembelajaran berbasis virtual
reality yang dibuat menggunakan Millealab akan membuat suasana belajar yang
menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sesuai dengan tujuan
utama dari proses pembelajaran yang menyenangkan.
Proses
pembelajaran tidak sekadar membaca dan menulis saja. Guru hendaknya memiliki
inovasi untuk meningkatkan semangat belajar siswanya sesuai dengan tuntutan
pendidikan abad 21 yaitu pemanfaatan teknologi di Era
Revolusi Industri 4.0. Salah satu inovasi yang bisa
diterapkan oleh para guru adalah mengenalkan siswa pada virtual
reality. Virtual
reality merupakan “prinsip, metode dan teknik dalam sebuah sistem yang
digunakan dalam perancangan dan pembuatan produk perangkat lunak yang akan
digunakan untuk membantu sistem komputasi multimedia dengan kebutuhan perangkat
khusus.” (Lacrama, 2007)
Belajar
menggunakan virtual reality dengan konten lingkungan sekitar akan lebih mudah
dipahami dibanding dengan pembelajaran tekstual. Belajar tidak hanya di dalam
ruangan saja tetapi juga mengenal kondisi lingkungan sekitar, sesekali guru
bisa membuat konten pembelajaran menggunakan virtual reality dengan isi konten
berupa tempat-tempat wisata yang tidak mungkin digapai oleh siswa seperti
melihat secara langsung menara Eiffel dalam virtual reality. Terutama pada masa
pandemi seperti ini, terbatasnya gerak dan ruang untuk melaksanakan kunjungan
ke tempat-tempat tertentu. Dengan adanya virtual reality, kita bisa
mensimulasikan dan mengenalkan berbagai tempat wisata secara virtual tanpa
adanya batasan apapun.
Contoh lainnya dalam pelajaran
sejarah, kita sepakat bahwa sejarah tidak akan pernah terulang sehingga sulit
bagi kita untuk mengenalkan kondisi saat itu kepada siswa. Tetapi, dengan
adanya virtual reality menggunakan Millealab ini, kita bisa membawa siswa
seolah-olah berada pada kondisi sejarah tersebut seperti menampilkan Dinosaurus
dalam konten pembelajaran sejarah.
Melalui
pembelajaran virtual reality yang beragam dan mudah diakses, diharapkan
pendidikan di Indonesia dapat mengalami peningkatan terutama dengan penerapan
media pembelajaran virtual reality ini dapat menumbuhkan kembali motivasi
belajar siswa yang hilang akibat pembelajaran jarak jauh sesuai kondisi nyata
saat ini dalam dunia pendidikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Lacrama, D.
2007. Virtual Reality. Journal Anale Seria Informatica.
0 comments:
Posting Komentar