Minggu, 28 November 2021

Dampak Penggunaan Media Virtual Reality Menggunakan Aplikasi Millealab Terhadap Motivasi Belajar Siswa

 

Noviya, S.Pd. – Guru di UPT SMPN 42 Bandar Lampung

Kompetisi Menulis Artikel Hari Guru Nasional

Masa belajar dari rumah yang berkepanjangan selama pandemi Covid-19 dapat menyebabkan hilangnya kemampuan belajar di kalangan anak sekolah. Itulah yang disebut dengan istilah Learning loss yaitu kondisi dimana hilangnya pengetahuan dan keterampilan tertentu yang berdampak pada kemunduran proses akademik.

Pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini sangat mengganggu keberhasilan pembelajaran anak terutama dari segi motivasi belajar siswa. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dinilai belum sepenuhnya efektif, sehingga membuat anak-anak akan kehilangan motivasi belajar.

Kendala utama yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah rasa bosan terhadap tugas dan monotonnya gaya pembelajaran yang diberikan oleh guru serta kurangnya perhatian dari orang tua ketika siswa melakukan pembelajaran jarak jauh. Kendala tersebut dapat menghalangi target pencapaian akademik yang diharapkan.

Agar pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dapat berjalan dengan baik dan mengatasi Learning Loss sehingga motivasi belajar siswa meningkat, diperlukan tindakan untuk mengatasi lemahnya motivasi belajar siswa antara lain :

1.   Membangun suasana yang Asyik di Sekolah

Salah satu faktor penyebab siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar adalah karena suasana pembelajaran yang dirasakan tidak sesuai dengan keinginan siswa sehingga siswa merasa bosan.



  Gambar 1. Kondisi Pembelajaran Konvensional dengan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa

 

Salah satu pemanfaatan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 yang sesuai adalah pemanfaatan konten pembelajaran Virtual Reality (VR) agar siswa merasakan pembelajaran secara virtual dengan materi yang sesuai dengan pokok bahasan pembelajaran. Suasana yang berbeda dan dengan tempat serta situasi yang berbeda dari pembelajaran seperti biasanya akan menambah daya tarik siswa terhadap proses pembelajaran yang kita harapkan dimana siswa berperan aktif dalam pembelajaran tidak hanya duduk dan mendengarkan penjelasan materi yang diberikan oleh guru.

 

Pembuatan virtual reality dapat menggunakan aplikasi Millealab yaitu salah satu platform yang berkonsentrasi di bidang pendidikan. Millealab menyediakan aset-aset yang diperlukan dalam pembuatan konten pembelajaran pendidikan.

 

Konten pembelajaran berbasis virtual reality yang dibuat menggunakan Millealab akan membuat suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sesuai dengan tujuan utama dari proses pembelajaran yang menyenangkan.




2.   Menggunakan media pembelajaran yang inovatif

Proses pembelajaran tidak sekadar membaca dan menulis saja. Guru hendaknya memiliki inovasi untuk meningkatkan semangat belajar siswanya sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21 yaitu pemanfaatan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0. Salah satu inovasi yang bisa diterapkan oleh para guru adalah mengenalkan siswa pada virtual reality. Virtual reality merupakan “prinsip, metode dan teknik dalam sebuah sistem yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan produk perangkat lunak yang akan digunakan untuk membantu sistem komputasi multimedia dengan kebutuhan perangkat khusus.” (Lacrama, 2007) 

Belajar menggunakan virtual reality dengan konten lingkungan sekitar akan lebih mudah dipahami dibanding dengan pembelajaran tekstual. Belajar tidak hanya di dalam ruangan saja tetapi juga mengenal kondisi lingkungan sekitar, sesekali guru bisa membuat konten pembelajaran menggunakan virtual reality dengan isi konten berupa tempat-tempat wisata yang tidak mungkin digapai oleh siswa seperti melihat secara langsung menara Eiffel dalam virtual reality. Terutama pada masa pandemi seperti ini, terbatasnya gerak dan ruang untuk melaksanakan kunjungan ke tempat-tempat tertentu. Dengan adanya virtual reality, kita bisa mensimulasikan dan mengenalkan berbagai tempat wisata secara virtual tanpa adanya batasan apapun.


Contoh lainnya dalam pelajaran sejarah, kita sepakat bahwa sejarah tidak akan pernah terulang sehingga sulit bagi kita untuk mengenalkan kondisi saat itu kepada siswa. Tetapi, dengan adanya virtual reality menggunakan Millealab ini, kita bisa membawa siswa seolah-olah berada pada kondisi sejarah tersebut seperti menampilkan Dinosaurus dalam konten pembelajaran sejarah.

 


 


Melalui pembelajaran virtual reality yang beragam dan mudah diakses, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat mengalami peningkatan terutama dengan penerapan media pembelajaran virtual reality ini dapat menumbuhkan kembali motivasi belajar siswa yang hilang akibat pembelajaran jarak jauh sesuai kondisi nyata saat ini dalam dunia pendidikan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Lacrama, D. 2007. Virtual Reality. Journal Anale Seria Informatica.

0 comments:

Posting Komentar