Senin, 17 Oktober 2022

KESERUAN ASSEMBLR HADIR DI SMK YAPISDA BANDAR LAMPUNG


Assemblr EDU adalah salah satu platform pendidikan yang sangat disenangi oleh para pelajar di Indonesia khususnya SMK YAPISDA Bandar Lampung. Mengapa demikian ?

Karena dengan assemblr EDU ini, siswa dapat berkreasi sendiri dan mengekspresikan dirinya ke dalam sebuah project yang sangat menarik yang tentunya banyak memiliki nilai pengetahuan dan keterampilan.

Pada awalnya tahapan yang saya lakukan adalah mengnalkan assemblr EDU terlebih dahulu kepada siswa di sekolah. Kemudian memberikan contoh-contoh menarik hasil karya-karya tentang penggunaan assemblr EDU. Kemudian setelah siswa memiliki ketertarikan terhadap media ini, baru kemudian saya mengarahkan siswa untuk mendaftarkan akun Assemblr Students Club (ASC) agar siswa dapat membuat sendiri projectnya.

Sebelumnya, memang beberapa kali saya menggunakan platform ini sebagai media ajar sebgai praktik baik di sekolah.

Namun menurut saya, akan lebih baik dan bermanfaat serta lebih mengena pembelajarannya kepada siswa jika mereka yang membuat langsung project tersebut dibandingkan media itu dibuat oleh guru dan kemudian di berikan kepada siswa. Sebagai contoh misal mengenai bangun ruang kubus. Ketika guru membuat media bangun ruang kubus menggunakan assemblr dengan desain yang menarik dan kemudian di berikan kepada siswa untuk diamati serta dipelajari ? siswa hanya dapat melihat dan mengamati benda yang berbentuk bangun ruang kubus tersebut tetapi tidak melalui proses berfikir terlebih dahulu. Kesannya mereka hanya mendapatkan pengetahuan secara langsung dari bangun ruang kubus tersebut.

Nah konsep pemahaman yang ingin saya tawarkan dimana secara perlahan-lahan siswa diajarkan membuat benda-benda terkait pembelajaran ini adalah bagaimana siswa tersebut hanya diminta untuk membuat bangun ruang kubus saja. Lalu dengan perintah tersebut siswa akan berfikir kubus itu apa? bagaimana bentuknya ? 

Pertanyaan-pertanyaan itu pasti akan muncul di kepala para siswa. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi maka siswa akan mencari informasi dari berbagai sumber sehingga proses pencarian tersebutlah yang mungkin jarang dilakukan siswa pada saat ini. Pada akhirnya ketika siswa mulai mengetahui kubus dan bentuknya baru kemudian mereka akan menuangkan berbagai idenya menggunakan platform assemblr EDU ini. Ketika membuat sebuah project dengan tema bangun ruang kubus, selain pengetahuan juga kreatifitas akan terbangun dari masing-masing diri siswa tersebut. 

Tentunya hal ini dapat memberikan dampak yang baik bagi siswa agar lebih termotivasi belajar dengan giat dan suasana lain menyesuaikan zaman dimana setiap siswa pasti memiliki hp dan lebih tertarik dengan kegiatan-kegiatan modern dibandingkan kegiatan-kegiatan lama (bermain gobak sodor, dll). 

Selain mendapatkan pengetahuan tambahan dengan pemikiran sendiri ataupun secara berkelompok, siswa juga dapat mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan gembira seolah sedang bermain. Nuansa yang menyenangkan tersebut juga akan mempengaruhi semangat juang siswa dalam belajar dan terus memperkaya pengetahuannya sendiri.

Berikut adalah berbagai foto-foto keseruan siswa dalam mengaplikasikan assemblr EDU di SMK Yapisda Bandar Lampung !








Berikut adalah salah satu karya siswa bernama Muhammad Refa dalam bentuk project assemblr EDU : Klik Disini !

Selalu semangat dalam memberikan praktik baik dalam pembelajaran, INGAT !!!!
Teknologi tidak akan menggantikan peran guru, tapi guru yang tidak berteknologi akan tergantikan.

#noviyalpg
#assemblredu
#assemblr
#augmentedreality
#PembaTIK
#SRBLampung2022


0 comments:

Posting Komentar