Selasa, 25 Oktober 2022

De-TiK SRB (PARADE PRAKTIK BAIK SRB LINTAS PROPINSI 2022)


Selasa, 25 Oktober menjadi sebuah hari yang sangat luar biasa dimana 10 SRB tahun 2022 yang terdiri dari 9 propinsi berkolaborasi untuk berbagi praktik baiknya sembari mengenalnya Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Rumah Belajar kepada peserta webinar yang sangat antusias terbukti dari dimulainya kegiatan pkl. 14.00 WIB masih aktif berpartisipasi hingga pkl. 17.00 WIB usai.

Tema kegiatan ini adalah "Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Mengajar" melalui pemanfaatan PMM dan rumah belajar yang dipadukan dengan berbagai praktik baik SRB lintas propinsi tahun 2022 menggunakan bermacam-macam platform teknologi yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi siswa di kelas. 

Pada kegiatan webinar ini direncanakan dengan sangat matang dengan dukungan dari berbagai steakholder seperti PUSDATIN Kemdikbudristek, BGP Propinsi Bengkulu, dan para DRB yang turut hadir memberikan semangat dan motivasi sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan sangat baik.

Keynote Speaker pertama adalah Bapak Agus Triarso selaku Pengembang Teknologi Pendidikan Pusdatin Kemdikbudristek.


Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Hendra Apriawan, S.T. selaku Kepala BGP Propinsi Bengkulu yang turut hadir mendukung kegiatan ini dari awal hingga akhir. Sangat senang sekali berjumpa dengan beliau meski hanya dalam tatap maya tetapi motivasi-motivasi yang diberikan dapat membangkitkan semangat juang untuk terus berbagi dengan guru-guru di keudian hari.


Selanjutnya disampaikan motivas--motivasi dari beberapa DRB yang pertama yaitu dari Bapak Dede Solehudin sebagai DRB Bengkulu 2021, Bapak Roni Yulianto DRB Bengkulu, dan Ibu Roro Martiningsih yaitu DRB Terbaik Nasional 2017 yang memiliki segudang pengalaman sehingga apa yang disampaikan akan menjadi motivasi tersendiri bagi kami para guru yang terpukau dengan tutur kata serta perangai beliau yang sangat ceria.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pengenalan sepintas mengenai PMM dan Rumah Belajar oleh masing-masing SRB yang sudah di atur pembagiannya dan saya selaku salah satu SRB yang menjadi pemateri saat itu menyampaikan mengenai pemanfaatan PMM mengenai "komunitas". Tidak banyak yang saya sampaikan pada kesempatan itu dikarenakan sifatnya hanya sebuah pengenalan fitur saja yang dilanjutkan dengan fitur-fitur lainnya dengan penyampaian yang berbeda dari masing-masing SRB lintas propinsi.

Setelah pengenalan singkat mengenai fitur-fitur PMM dan Rumah Belajar barulah kami menyampaikan topik utama dari webinar ini yaitu parade praktik baik dari masing-masing SRB yang sudah dilakukan dalam pembelajaran di kelasnya. Tentu berbagai cara dan gaya masing-masing dalam menyampaikan praktik baiknya kepada para peserta agar dapat mudah dipahami dan menjadi motivasi bagi peserta dalam menerapkan teknologi di kelasnya.

Pada saat giliran saya, penyampaian pertama yang saya lakukan adalah mengenai penggunaan platform articulate storyline 3 dalma membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh siswa di kelas juga merupakan hasil karya pada tugas PembaTIK tahun 2022 ini di level (3) kreasi. Pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) ini tidak saya jelaskan karena fokus webinar pada kesempatan kali ini adalah bagaimana membagikan praktik baik MPI menggunakan articulate storyline 3 tersebut ketika diterapkan di kelas dengan memanfaatkan fitur rumah belajar. Penggunaan rumah belajar pada kondisi ini dimaksudkan agar dapat mudah di akses oleh siswa di kelas. Berkat adanya rumah belajar yaitu pada fitur sumber belajar, penggunaan articulate storyline 3 ini dapat dikonsumsi / digunakan secara mudah oleh siswa baik di sekolah maupun ketika mereka sudah berada di rumah masing-masing. Tentunya pengintegrasian teknologi ini memberikan warna tersendiri terhadap pembelajaran yang menyenangkan di kelas.

Selain pemanfaatan sumber belajar, saya juga menerangkan praktik baik lainnya menggunakan Platform Merdeka Mengajar atau dikenal dengan PMM sebagai media pembelajaran untuk siswa di kelas. Langkah awalnya adalah saya membuat sebuah media pembelajaran interaktif dengan menggunakan platform assemblr yaitu sebuah platform berbasis 3 dimensi yang sangat interaktif dan terbukti disenangi oleh kalangan siswa. 

Dengan pemanfaatan assemblr tersebut, kemudian aktivitas yang ada pada assemblr tersebut dijadikan sebuah video dengan cara merekam semua pembelajaran yang ada untuk dijadikan sebagai bahan ajar berupa video pembelajaran. Setelah video selesai di edit dan di upload ke dalam youtube pribadi saya ( noviya lpg ) barulah kemudian diintegrasikan ke dalam PMM. Karena pada saat ini fitur yang tersedia di PMM adalah berupa pdf, audio, dan video. Tentu hal ini sangat bermanfaat selain sebagai media pembelajaran yang dapat saya gunakan di kelas, juga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru Nusantara yang membutuhkan bahan ajar yang serupa dengan apa yang saya buat. Mereka dapat menggunakan media yang saya buat tanpa batas. Di situlah nilai berbagi yang sangat kuat dari adanya platform merdeka mengajar ini. 

Berikut adalah daftar peserta webinar yang hadir Klik Disini

Memang pada dasarnya guru yang hebat adalah guru yang dapat memberikan kenyamanan kepada siswanya di kelas. Oleh sebab itu, saya selaku guru yang memiliki tujuan agar dapat bermanfaat bagi banyak orang terutama siswa di kelas selalu belajar dan terus berupaya mengembangkan keterampilan dan kemampuan saya terutama di bidang teknologi pembelajaran. Menerapkan teknologi di kelas akan sangat membosankan jika kita hanya terpaku pada satu jenis platform media pembelajaran saja, itulah yang saya pahami sehingga memacu diri saya untuk dapat menguasai berbagai media teknologi yang ada. Beberapa media pembelajaran teknologi yang sudah saya pelajari dan kuasai yaitu :

1. Millealab (Platform Virtual Reality) yang dikembangkan untuk membantu guru memvisualisasikan benda-benda yang mustahil dapat dijangkau menjadi terjangkau.

2. Assemblr (Platform Augmented Reality) yang dikembangkan untuk membantu guru membuat media pembelajaran berbasis 3 Dimensi tanpa coding sehingga sangat nyaman digunakan para guru.

3. Articulate Storyline 3 (AS3) yaitu sebuah platform yang dapat dimafaatkan dalam membuat MPI ataupun Edu Game sejenisnya

4. Smart App Creator (SAC) yaitu platform yang sejenis dengan AS3 dengan fitur-fitutr yang hampir mirip.

5. Ispring Suite yaitu platform penyedia layanan pembuatan MPI yang sangat interaktif dan mudah dipahami oleh guru serta ramah terhadap biaya pembuatannya.

6. Flipbook PDF juga sering saya gunakan sebagai media buku online penduukung bagi siswa agar dapat membaca buku dengan nyaman menggunakan HP sembari melakukan aktivitas-aktivitas di luar sekolah.

7. Google for Education yaitu layanan yang dapat bermanfaat banyak di dalamnya seperti google formulir, google doc, google drive, jamboard, dan lainnya.

8. Platform-platform Editing video seperti Kinemaster, Filmora, dan lainnya.

9. Platform Desain Grafis seperti Canva for Education dan Photoshop.

10. Power Point dalam pembuatan MPI dan video pembelajran.

Berdasarkan berbagai keahlian yang saya kuasai tersebut memperkaya pengetahuan yang saya miliki sehingga variasi pembelajaran yang saya lakukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kemampuan siswa di kelas.

Nah... mudah-mudahan dengan berbagai cerita pengalaman yang saya tuangkan dalam tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi khalayak ramai.


#noviyalpg

#PMM

#rumahbelajar

#SRB2022


0 comments:

Posting Komentar