Selasa, 08 Februari 2022

MENJADI NARA SUMBER WEBINAR ASSEMBLR EDU PERTAMA KALI


Sebuah webinar sangat sering kita dengar akhir-akhir ini bahkan 2 tahun belakangan ini dikarenakan dibatasinya kegiatan kita saat pandemi bahkan segala sesuatu harus kita lakukan dari rumah. Itulah awal muda terjadinya sebuah webinar yang semula bernama seminar, tetapi karena dilakukan melalui web menjadi dikenal dengan istilah webinar. 

Jika kita bahas mengenai webinar tentu sangat erat kaitannya dengan narasumber, host, moderator, dan peserta. BAgian terpenting dari kegiatan ini adalah narasumber. Dan apakah kalian mampu menjadi seorang narasumber sebuah webinar ?? Jawabannya pasti mampu. Saya mengalaminya berdasarkan pengalaman pribadi. Memang di awal kita agak canggung ketika dijadikan sebagai narasumber atau pembicara utama. Namun jika kita ingin mencoba pasti kita akan mampu melewati hal tersebut.

Seperti yang terjadi pada pengalaman pertama saja ketika menjadi nara sumber dari sebuah webinar mengenai cara membuat bahan ajar sederhana menggunakan 3d dan Augmented Reality. Saya berusaha menjelaskan semampu saya mengenai cara agar guru-guru dapat dengan mudah membuat bahan ajar sederhana menggunakan assemblr studio. Tentu sebelum menjadi narasumber banyak perjuangan yang kita lakukan dan hadapi. Persiapan seperti menyiapkan materi hingga belajar terlebih dahulu sangat penting bagi kita.

Bagian terpenting yang harus dicermati adalah ketulusan niat kita untuk berbagi, karena jika niat kita semata-mata hanya untuk unjuk diri, maka yang terjadi adalah kita akan asyik sendiri tanpa mengetahui apakah yang kita sampaikan tersebut bisa dipahami oleh peserta atau tidak.


Komunikasi sangat penting harus terjalin dengan baik, baik itu dengan peserta atau dengan moderator agar jalannya webinar berjalan dengan lancar. Salah satu kendala utama yang menjadi masalah tak terduga dalam melakukan webinar adalah kendala jaringan seperti yang saya alami.

Saat melakukan presentasi, kendala jaringan yang kurang stabil membuat saya sedikit guugp. Itulah pengalaman yang saya dapatkan. Tetapi dengan cepat saya menyikapi kejadian itu dengan cara mengubah jaringan yang saya gunakan dari semula menggunakan WIFI sekolah menjadi paket data yang saya miliki. Kuncinya dalah ketenangan. 

Sangat senang rasanya berbagi dan berkolborasi dengan banyak guru se Indonesia bahkan terdapat satu peserta yaitu Bapak Robert asal Malaysia yang turut hadir.
Setelah ini saya akan merencanakan Webinar series #2 dengan tema yang berbeda.



Mendidik sepenuh hati
Bergegas meraih prestasi

Bekerja menginspirasi

0 comments:

Posting Komentar