Senin, 17 Oktober 2022

SIFAAT PMM PADU (Sosialisasi Pemanfaatan PMM DI SMPN 42 Bandar Lampung)

 


Senin, 17 Oktober 2022 tepatnya pkl. 10.00 WIB saya melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di UPT SMPN 42 Bandar Lampung setelah sebelumnya saya berkoordinasi kepada bapak Asep Sudrajat, S.Pd. selaku Plt. Kepala SMPN 42 Bandar Lampung untuk meminta izin pelaksanaan sosialisasi PMM di lingkungan SMPN 42 Bandar Lampung.

Sejatinya guru-guru di SMPN 42 Bandar Lampung sudah mendownload dan menautkan PMM dengan akun belajar.id beberapa bulan yang lalu, namun berdasarkan bincang-bincang rekan sejawat, kebanyakan dari guru-guru masih belum paham dengan fitur-fitur yang ada pada PMM tersebut. Bahkan mereka hanya menganggap PMM sebagai sebuah media yang digunakan untuk pelatihan mandiri saja.

Atas dasar itulah saya tergerak pula selain untuk menjalankan tugas sebagai SRB 2022 Provinsi Lampung tetapi juga ingin memberikan wawasan lebih tentang pemanfaatan yang  lebih baik tentang PMM tidak hanya sekadar mengenal fitur-fiturnya, akan tetapi dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran. Hal itu dikarenakan di dalam PMM terdapat banyak bukti karya yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran. Bahkan guru dapat mengupload karyanya sendiri ke dalam PMM sehingga dapat menginspirasi seluruh guru di Indonesia. Beberapa fitur yang saya kenalkan kepada rekan-rekan guru yang juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas,  yaitu antara lain :

1. Video Inspirasi : berisi kumpulan video inspiratif yang telah dikurasi oleh tim Kemdikbud sehingga guru dapat menjadikannya sebagai inspirasi dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Pelatihan Mandiri: memuat topik-topik pelatihan yang berhubungan dengan Kurikulum Merdeka (KM).

3. Bukti Karya: menu untuk membangun portofolio karya guru, sehingga bisa dibagikan kepada sesama pendidik sehingga menginspirasi guru-guru.

4. Komunitas Belajar: wadah agar para guru di seluruh Indonesia dapat saling belajar.

Dari keenam fitur utama saya mengenalkan empat fitur terutama mengenai bukti karya dan video inspirasi yang dapat diambil bahan ajar di kelas disesuaikan dengan materi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Selain itu juga, guru tentunya dapat menjadikan video-video tersebut sebagai acuan atau inspirasi untuk membuat pembelajaran yang serupa.

Pada sosialisasi ini saya memfokuskan pada contoh yang pernah saya masukkan ke dalam PMM yaitu sebuah karya saya tentang penggunaan platform assemblr edu yaitu sebuah media pembelajaran berbasis 3D yang kemudian saya buat dalam bentuk video pembelajaran yang bisa ditautkan dengan PMM. Materi yang saya contohkan adalah tentang pelajaran IPA mengenai archimedes. Dengan contoh tersebut, guru juga dapat menggunakan karya yang saya buat jika memang materinya dapat digunakan di kelas. Bahkan tidak hanya untuk guru-guru di sekitar kita tetapi juga dengan mengunggah karya-karya yang kita buat dapat digunakan oleh seluruh guru di Indonesia.

Pemanfaatan video-video yang ada seperti yang saya unggah akan sangat bermanfaat karena guru dapat memilih topik-topik ataupun jenis video yang sesuai tentunya yang dapat dipahami sesuai dengan karakteristik siswa kita di sekolah. Melalui banyaknya video ataupun karya-karya yang disediakan tentunya akan membuat pembelajaran menjadi beragam pula sehingga siswa tidak merasa mendapatkan materi dengan gaya yang selalu sama. 

Selain itu, pengelanan komunitas juga menjadi salah satu yang saya sosialisasikan agar guru-guru di sekolah dapat masuk ke komuniatasnya masing-masing dan kemudian juga berbagi ataupun menggunakan bahan ajar di komunitas tersebut. Beberapa diantara guru sangat aktif dalam mengikuti komunitas belajarnya yaitu MGMP masing-masing mata pelajaranyang juga sangat aktif mengadakan pertemuan dan pengembangan setiap bulannya sehingga sangat disayangkan jika aktivitas tersebut tidak ditautkan di PMM masing-masing guru.




Kendala-kendala yang terjadi saat pelaksanaan sosialisasi antara lain dikarenakan komunitas yang dimiliki sebagian guru belum terdaftar di PMM sehingga mereka menanyakan tentang hal tersebut. Saya menjawab dan memberikan saran /pemahaman kepada teman-teman agar segera menghubungi ketua ataupun yang berwenang di MGMP untuk segera mengomunikasikan hal tersebut agar segera di daftarkan komunitasnya pada PMM yang terintegrasi dengan dapodik sekolah.

Semoga informasi yang sangat sedikit ini dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Komentar yang membangun sangat saya harapkan bagi para pembaca setia noviya lpg.
Selamat beraktivitas dan jangan pernah berhenti menjadi orang baik. Terus berbagi dan berkolaborasi demi pendidikan yang jauh lebih baik.

#noviyalpg
#PMM
#rumahbelajar


0 comments:

Posting Komentar