Senin, 24 Oktober 2022

WORKSHOP PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR UNTUK MENDUKUNG TRANSFORMASI DIGITAL

 

Berbicara mengenai berbagi, tentu bukan hal yang mudah untuk bisa mencapai level berbagi. seperti halnya yang kami para SRB Lampung tahun 2022 lakukan saat ini. Kami mencapai level 4 (berbagi "7 berkolaborasi) setelah mengikuti PembaTIK level 1 (Literasi), level 2 (Implementasi), level 3 (Kreasi) dan kemudian bisa mencapai level berbagi & berkolaborasi ini. Berbagai tugas dan ujian yang harus dilalui sehingga kami mendapatkan hasil yang maksimal sebagai bekal untuk dapat berbagi dengan baik. 

Berbagi tidak mesti dengan hal-hal besar, akan tetapi tentu berbagi hal-hal positif yang bermanfaat bagi orang banyak adalah hal besar yang tidak terbantahkan bukan ?

Pada dasarnya kami berlima selaku SRB Lampung yang menjadi narasumber bukanlah orang-orang hebat yang memiliki kemampuan lebih, tetapi kami sepakat bahwa kami harus memberikan sesuatu yang dapat menjadi motivasi bagi guru-guru di Way Kanan maupun luar propinsi lain sehingga kolaborasi yang kami lakukan dapat terjalin dengan sangat baik.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami merencanakan dan kemudian melaksanakan Workshop dengan judul "Workshop Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Mendukung Transformasi Digital" juga dalam rangkaian HUT PGRI yang ke-77 serta HGN Tahun 2022 yang diselenggarakan berkat dukungan yang sangat luar biasa dari steakholder pendidikan yang support sepenuhnya kegiatan ini.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan doa lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara virtual serta lagu Mars PGRI dan saya bertindak sebagai operator lagu untuk membantu panitia yang berhalangan hadir saat itu. Acara yang selanjutnya yaitu sambutan dari ketua PGRI Kabupaten Way Kanan dalam hal ini yaitu Bapak Aan Frimadona Roza, M.Pd.


Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua PGRI Propinsi Lampung yaitu Bapak Drs. M. Ilyas Effendi, M.M. yang turut hadir dan memberikan motivasi serta dukungan kepada guru-guru sebagai peserta Workshop ini.
Sambuatan yang terakhir adalah sambutan dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan sebagai dukungan penuh kepada guru-guru yang selalu berinovasi dan berjuang belajar demi meningkatnya kemampuan guru yang kemudian akan berdampak pada kualitas siswa.
Dalam penyampaian sambutannya pak Velly panggilan Bapak Kepala Dinas menyampaikan bahwa beliau akan mendukung penuh dan berharap lahir guru-guru hebat dari Way Kanan khususnya dalam pengembangan pembelajaran yang lebih maju. Beliau berpesan agar semua guru dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam proses pembelajaran agar ke depan semua siswa dapat memiliki kemampuan yang memadai dalam menghadapi kehidupan sosial.

Selain motivasi dari berbagai steakholder, turut hadir juga ibu Nuvis Melodiana selaku DRB propinsi Lampung tahun 2020 yang memberikan motivasi agar semua guru dapat bergandengan tangan belajar dan saling support atas perkembangan pendidikan berteknologi sehingga tingkat kemampuan siswa dalam teknologi dapat cepat meningkat jika dilakukan secara bersama-sama.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan hingga akhirnya kesempatan saya sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan ini mengambil alih untuk memberikan materi praktik baik yang telah saya lakukan di sekolah. Materi yang saya sampaikan adalah mengenai praktik baik menggunakan media assemblr yaitu sebuah media interaktif berbasis 3D yang dibuat untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi secara real didukung dengan tampilan teknologi canggih augmented reality agar siswa dapat lebih termotivasi belajar dengan cara yang menyenangkan. Saat penyampaian materi saya tidak mengalami kendala apapun karena tentu sudah dipersiapkan dengan baik. Namun pada saat acara selesai saya mendapatkan kabar dari panitia bahwa materi yang saya sampaikan tidak terekam sebagian dikarenakan kendala teknis. Namun hal itu bagi saya tidak menjadi masalah yang besar karena yang terpenting adalah apa yang saya sampaikan dapat menjadi manfaat bagi banyak orang. 





Saat penyampaian materi, awalnya saya memberikan penjelasan mengenai praktik baik yang saya lakukan berupa tampilan Platform Merdeka Mengajar (PMM) tentang bukti karya yang di dalamnya sudah saya tautkan bahan ajar menggunakan media assemblr yang di rekam menjadi sebuah video pembelajaran. Saya melakukan hal tersebut agar bahan ajar yang saya buat dapat digunakan menggunakan PMM serta berharap dapat dimanfaatkan oleh guru-guru di Indonesia. Sebab, dengan saya mengunggah materi tersebut ke PMM maka siapapun yang berkenan akan dapat menggunakan materi saya tersebut sebagai bahan ajar di kelas.

Pada saat pemaparan saya menampilkan materi mengenai pengertian gaya magnet dan jenis-jenisnya yang merupakan meteri IPA. Sembari menayangkan video materi bukti karya pada PMM tersebut saya juga menjelaskan bagaimana penggunaan media assemblr ini jika digunakan dengan cara yang lain yaitu versi website sehingga animasi 3D yang sebenarnya dapat lebihat dengan jelas serta dapat lebih memotivasi siswa untuk dapat memahami pembelajaran dengan baik.

Selain memaparkan penggunaan PMM dalam pembelajaran, saya juga menjelaskan tentang asyiknya memanfaatkan portal rumah belajar yang merupakan juga platform dari Pusdatin Kemdikbudristek. Fitur yang saya fokuskan adalah sumber belajar terkait penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang juga dapat memotivasi belajar siswa lebih menyenangkan dengan gaya pembelajaran yang berbeda. Saya memaparkan mengenai penggunaan articulate storyline 3  dalam membuat MPI yang kemudian ditautkan dengan sumber belajar sebagai media teknologi yang keren. Pada materi MPI menggunakan aplikasi articulate storyline 3 itu, saya memaparkan tentang materi transformasi geometri pelajaran matematika sesuai dengan  MPI tugas PembaTIK level 3 kreasi yang saya buat.

Banyak pertanyaan yang diutarakan oleh peserta workshop dan dapat saya jawab dengan baik terkait materi namun ada beberapa peserta yang menanyakan bagaimana cara membuat media tersebut. Karena fokus narasumber hanya pada penyampaian pemanfaatannya maka saya selaku narasumber menjawab bahwa mudah-mudahan akan diadakan kembali workshop khusus terkait cara membuat media pembelajaran tersebut. Pada dasarnya tidak terdapat kendala apapun saat pelaksanaan pemaparan materi hanya saja rekaman zoom saat saya menyampaikan materi terputus di bagian awal sehingga hanya terdapat rekaman pada akhir-akhir penyampaian materi yang saya lakukan. 

Semoga penyampaian materi yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan kegiatan ini dapat menjadi sebuah wadah pengembangan kompetensi dari guru-guru hebat yang memiliki semangat juang tinggi untuk memberikan gaya pembelajaran yang baik di kelasnya.
Sampai jumpa dikegiatan lainnya.... bye ... bye....

#noviyalpg
#PMM
#rumbel
#DRB
#SRBLampung2022


0 comments:

Posting Komentar