Jumat, 28 Oktober 2022

WOW.... MENJADI ACE OF THE MONTH OCTOBER 2022

Sebelumnya kita mengenal kata ACE dulu ya gaesss...
ACE adalah singkatan dari Assemblr Certified Educator yaitu sebuah komunitas yang dibuat oleh Assemblr selaku platform penyedia layanan Augmented Reality khususnya untuk dunia pendidikan.
Saya tergabung di dalam komunitas tersebut yang bertaraf Internasional dan setiap bulannya akan dipilih Ace of the Month ataupun satu orang ACE yang dapat memberikan kontribusinya dalam penggunaan assemblr di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Menjadi ACe of the Month bulan Oktober 2022 untuk pertama kalinya tentu membuat saya menjadi lebih semangat dalam menerapkan media pembelajaran assemblr ini di kelas. Terlebih lagi penggunaan assemblr sebagai media pembelajaran di kelas sangat bermanfaat dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Siswa saat ini mayoritas sudah familiar dengan handphone dan pemanfaatan media pembelajaran menggunakan handphone adalah salah satu strategi agar siswa turut aktif berperan dalam pembelajaran.

Banyak diantara siswa saat ini yang sangat malas belajar jika hanya mencatat ataupun mendengarkan guru bercerita / ceramah di depan kelas. Hal itu tentu berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di kelas. Sehingga tepatlah jika penggunaan assemblr sebagai media interaktif berbasis 2 dimensi yang sangat digemari oleh siswa terlebih pembuatan media ini sangat mudah sekali baik bagi guru TK, SD, SMP, maupun tingkat Menengah Atas.

Sejujurnya sangatlah sulit untuk menjadi ACE of the Month dalam komunitas ini. Hal itu dikarenakan para master ACE asal Indonesia yang juga sangat terampil dan memberikan kontribusi yang tinggi pada penerapan assemblr di satuan pendidikannya. Namun karena saya berfikir bahwa apa yang saya lakukan harapannya dapat bermanfaat bagi banyak orang maka keikhlasan saya dalam berbagi dan menerapkan assemblr akhirnya justru berbuah manis dengan dianugerahkan ACE of the Month ini. Sungguh sangat membanggakan bagi saya secara pribadi.

Lalu, hal apa sajakah yang saya lakukan sehingga bisa terpilih sebagai ACE of the Month ?

Beberapa yang saya lakukan menurut Vinka Agustina selaku Community Realitions Assemblr yaitu :
1. Menerapkan beberapa kali assemblr dalam pembelajaran.
2. Menggerakkan Komunitas ASC (Assemblr Student's Club) yang tergabung dalam komunitas sekolah 
    bernama BLR SMPN42 hingga saat ini ASC bimbingan saya justru bertengger di puncak ASC.
3. Aktif berbagi mengadakan Webinar Online maupun Offline

Semoga dengan prestasi yang saya dapatkan ini menjadi sebuah penyemangat bagi saya secara pribadi untuk terus berkarya, berbagi, dan memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Mendidik Sepenuh Hati, Bergegas Meraih Prestasi, dan Bekerja Menginspirasi.

#noviyalpg
#assemblrworld
#assemblr
#ACE
#augmentedreality

0 comments:

Posting Komentar